REVIEW STARESSO ESPRESSO MAKER, Setelah 3 Tahun Penggunaan

REVIEW STARESSO ESPRESSO MAKER, Setelah 3 Tahun Penggunaan

Review Staresso Espresso Maker

Review Staresso Espresso Maker ini akan terasa sangat subyektif dari prespektif saya pribadi karena memang saya sudah menggunakan alat ini setidaknya dalam 3 (tiga) tahun terakhir mulai dari tahun 2019 hingga sekarang tahun 2022.


Sedikit flash back, saat pertama tertarik membeli alat ini karena di saat itu masih sedikit pilihan alat espresso maker manual yang harganya terjangkau dan menghasilkan espresso yang hampir mirip dengan espresso yang "sesungguhnya". Saya ingat kala itu saya melihat beberapa reviewer di youtube atau instagram yang merekomendasikan alat ini, jadi ya dengan sigap akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk membeli Staresso ini.


Baca Juga : 13 Alat Espresso Manual, Untuk Kedai Kopi atau Rumahan


Selama tiga tahun menemani bisa dibilang Staresso ini masih nyaman sekali untuk saya gunakan ketika akan membuat espresso. Untuk review dari Staresso Espresso Maker ini akan saya jelaskan beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan alat ini yang siapa tau ada teman-teman yang menemukan tulisan ini dan sedang mempertimbangan untuk membeli Staresso Espresso Maker ini.


Review Staresso Espresso Maker


1. Desain

Salah satu alasan saya membeli Staresso adalah ya karena desainnya yang menarik, kalau tidak salah pada tahun itu desain dari Staresso ini juga mendapatkan penghargaan. Bentuknya sangat compact dan praktis dibawa kemana-mana jadi salah satu alasan juga untuk saya yang sering bepergian ke kota satu ke kota lainnya.


Desain Staresso memiliki part-part yang sangat mudah dilakukan bongkar pasang sehingga memudahkan sekali untuk kita bersihan sehabis pemakaian. Selain itu desain yang ramping mempermudah kita untuk menentukan target yield espresso yang mau kita capai karena air yang akan kita gunakan dapat kita ukur gramasinya.


Akan tetapi ada satu kekurangan, ketika kita akan membuat espresso lebih dari satu, basket dari Staresso ini terasa sangat panas sehingga untuk membuat espresso lebih dari satu dengan cepat akan sedikit ada kendala. 


Review Staresso Espresso Maker

2. Cara Penggunaan

Cara penggunaan secara keseluruhan sungguh sangat simpel, teman nyeduh hanya perlu memasukkan kopi pada basket seperti foto di atas kemudian satukan dengan bagian penampung air lalu tekan hingga Espresso keluar di gelas. 


Akan tetapi teman nyeduh harus melakukan kalibarasi pada grind size yang pas untuk Staresso ini, karena beberapa kali saya salah ukuran alhasil staressonya mampet dan bikin saya berkeringat saat mempompanya.


Salah satu tips penggunaan, jangan tamping terlalu padat jika tidak ingin tangan teman nyeduh pegal dan berkeringat.


Staresso Espresso maker


3. Hasil Espresso 

Mungkin hal ini yang menjadi titik penting saya akhirnya memilih membeli Staresso, karena espresso yang dihasilkan dari alat sekecil ini bisa dibilang cukup konsisten, asalkan kita sudah paham kebutuhan berapa ukuran gilingan yang pas, kemudian seberapa padat tamping pada basket dan seberapa banyak air yang dituangkan pada Staresso.


Saya coba beberapa kali membandingkan hasil dari Staresso dengan alat manual espresso maker seperti Rokpresso hasil dari Staresso ini tidaklah mengecewakan. Bahkan secara pribadi saya lebih memilih hasil dari Staresso karena sesuai dengan hasil yang saya inginkan


STARESSO ESPRESSO MAKER


4. Harga

Kalau soal harga saya yakin teman nyeduh akan sangat mempertimbangkan ini, karena saya juga begitu. Untuk sekarang ini dengan beberapa update dari versi milik saya ini harga Staresso yang termurah di Tokopedia dijual pada kisaran Rp 580.000. Menurut saya ini sudah cukup turun, seingat saya saat saya beli tahun 2019 Staresso ini masih di kisaran 650-750. Untuk referensi harga akan saya lampirkan pada akhir tulisan ini.


Setelah menggunakan Staresso ini selama tiga tahun, saya rasanya masih akan merekomendasikan teman nyeduh yang akan mencari Espresso Maker manual yang murah dengan hasil yang cukup konsisten untuk memberi Staresso Espresso Maker ini. Karena selama tiga tahun pula ini Staresso ini sangat bandel dan awet dan hingga sekarang masih belum ada kerusakan sama sekali.


Mungkin begitu review singkat STARESSO ESPRESSO MAKER, Setelah 3 Tahun Penggunaan dari saya, semoga bermanfaat. Terima Kasih


Jimm


Referensi Penjual Staresso di Tokopedia

1. The Biji Kopi link pembelian DISINI

2. Otten Coffee link pembelian DISINI

3. Kopi Jayakarta link pembelian DISINI



Load comments