Nyeduh Sendiri, Kopi Careb Ruteng Flores dari Smoking Barrels

Nyeduh Sendiri, Kopi Careb Ruteng Flores dari Smoking Barrels

Nyeduh Sendiri


Careb Ruteng Flores dari Smoking Barrels jadi konten pertama nyeduh sendiri, karena kebetulan beberapa saat yang lalu, saya sempat mampir langsung ke kedai Smoking Barrels di kawasan Radio Dalam dan membawa pulang dua roast bean untuk kopi filter yang salah satunya Careb Ruteng Flores ini.


Secara karakter rasa, Careb Ruteng ini memiliki rasa yang kalem, manis dan aman sekali untuk diseduh pagi-pagi karena tidak terlalu memiliki acidity yang terlalu tinggi. Secara preferensi pribadi, saya memang orang yang lebih suka kopi kalem diseduh pagi karena bisa membangun mood yang kalem juga sebelum memulai aktivitas. 


Nyeduh Sendiri


Kopi ini diproses dengan metode Full Wased, metode pasca panen yang cukup saya sukai, karena biasanya hasilnya lebih clean dan kalem, jadi mau nyeduh sehari beberapa cup selama ini saya masih merasa aman-aman saja.


Metode Seduh

Dalam menyeduh kopi ini saya menggunakan metode pour over dengan menggunakan dripper V60 dari Timemore atau lebih tepatnya Timemore Crystal Eye Dripper size 02 dengan kertas muranee yang murah meriah. Untuk cerita soal alat nanti akan saya bahas di tema Alat-alat kopi.


Pada saat menyeduh kopi Careb Ruteng ini saya menggunakan 10 gram kopi saja.


"kalau ada yang bertanya kenapa 10 gram ?  ya karena biar irit saja."


Saya menggunakan ratio 1:16 untuk menyeduh kopi ini, alasannya adalah biar tidak terlalu sedikit dan rasanya tetap nyaman. Dalam penyeduhannya saya menggunakan tiga kali interval penuangan, yaitu penuangan pertama 50 gram air, penuangan kedua 50 gram air dan penuangan ketiga sebanyak 60 gram air. Dengan resep seduh itu yang saya kejar adalah hasil yang balance dan manis, 



nyeduh sendiri


Rasa yang Dihasilkan

Dalam penyeduhan kali ini Kopi Careb Ruteng Flores dari Smoking Barrels yang saya rasakan seperti meminum air dari larutan gula kelapa dengan rasa sepat dari buah apel di ujung. Hal ini membuat sensasi saat mencecap kopi tiap tegukannya terasa begitu menyenangkan. Tapi saya tidak terlalu suka dengan aroma Barley yang cukup kuat ketika penyeduhan (ini lagi-lagi soal selera ya). Tapi secara keseluruhan saya sangat menikmati kopi ini.


Nyeduh Sendiri

Mungkin sedikit informasi, saya sudah membeli kopi dari Smoking Barrels dari tahun 2018 hingga sekarang masih belum pernah kecewa dengan produknya jika kalian berminat membeli dan mencicipi kopi kopi lainnya dari Smoking Barrels bisa langung menuju ke akun yang saya lampirkan di bawah.


Mungkin sekian, semoga bermanfaat.


Terima Kasih


Jimm


Info Smoking Barrels :

Link Tokopedia : Di Sini 

Link Instagram : Di Sini

Alamat : Ruko Plaza Marga Guna No.3, Jl. Radio Dalam Raya No.RT.3, RT.3/RW.11, North Gandaria, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 




Load comments