13 Alat Espresso Manual, Untuk Kedai Kopi atau Rumahan

13 Alat Espresso Manual, Untuk Kedai Kopi atau Rumahan

Photo by Spencer Selover: https://www.pexels.com/photo/white-ceramic-teacup-428310/


Alat Espresso Manual bisa menjadi pilihan bagi Teman Nyeduh yang ingin memulai belajar membuat espresso tapi sedikit khawatir dengan harga mahal mesin Espresso seperti di coffee shop dan biaya listrik yang cukup tinggi jika digunakan di rumah.


Alat pembuat espresso sendiri ada banyak sekali macam dan merknya yang mungkin bisa disesuaikan dengan budget teman nyeduh sebelum membelinya untuk kebutuhan espresso teman-teman sekalian. Meskipun namanya alat espresso manual, akan tetapi varian harganya ada yang dibawah 1 juta dan ada pula yang hampir 10 juta, tergantung alatnya.


Berikut ini nyeduhtiaphari telah merangkum setidaknya ada 13 alat espresso manual yang bisa jadi referensi teman nyeduh sekalian. Daftar ini berdasarkan riset kami dan menurut kami bisa menghasilkan espresso yang enak meskipun manual.


1. Staresso Espresso Maker


Alat Pembuat espresso


Rekomendasi pertama alat espresso manual yang bisa Teman Nyeduh pilih adalah Staresso Espresso Maker. Ini pilihan pribadi sih, karena memang saya sudah menggunakan ini sebagai alat pembuat espresso lebih dari dua tahun dan kabar baiknya kondisinya masih awet dan masih berfungsi sempurna.

Penggunaannya juga simpel dan membersihkannya juga mudah. Akan tetapi ada sedikit kelemahan yaitu ketika ingin membuat espresso lebih dari satu maka memerlukan sedikit usaha lebih karena basket di dalam Staresso ini akan terasa sangat panas setelah membuat satu espresso. 

  • Harga Staresso Espresso Maker
Untuk harga Staresso bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu di kisaran harga 550 ribuan.
Meski dihargai segitu, saya pribadi merasa sangat sepadan karena bisa digunakan hingga dua tahun lebih dan masih dengan kondisi baik.

  • Referensi Toko Penjual Staresso Espresso Maker 
1. The Biji Kopi link pembelian DISINI
2. Otten Coffee link pembelian DISINI
3. Kopi Jayakarta link pembelian DISINI


2. Wacaco Minipresso 


Alat Espresso Manual

Foto milik Wacaco.com

Rekomendasi Kedua dari alat espresso manual adalah Wacaco Minipresso GR, alat ini bisa dibilang mirip dengan rekomendasi pertama kami yaitu Staresso. Bisa dibilang Minipresso ini adalah alat espresso portable yang sangat mudah digunakan, memiliki bentuk yang mini serta bobotnya yang ringan hanya sekitar 360 gram yang menjadikan alat ini gampang dibawa ke mana saja.


Untuk cara penggunaan Minipresso GR ini cukuplah mudah, Teman Nyeduh hanya perlu memasukkan bubuk kopi pada chamber atau basket yang tersedia pada Minipresso ini. kemudian masukkan air panas lalu buka handle minipresso untuk melakukan pemompaan hingga espresso keluar. Sama dengan staresso, minipresso ini hanya bisa menampung sedikit bubuk kopi dan menghasilkan single shot espresso saja.


  • Harga Wacaco Minipresso GR

Jika melihat harga di website Wacaco, harga Wacaco Minipresso GR ini dibandrol sekitar 55.90 USD. Untuk pasar Indonesia sendiri lumayan bervariasi. Ada yang menjual di sekitar 800 rb ada yang menjual hingga lebih 1 juta. 


  • Referensi Toko Penjual Wacaco Minipresso GR

Link Tokopedia DISINI


3. Flair Neo Espresso Maker

Alat Pembuat Espresso

Foto milik flairespresso.com

Rekomendasi berikutnya adalah Flair Neo, saya akan membedakan seri dari Flair menjadi rekomendasi yang berbeda, karena di setiap seri, flair ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Flair Neo ini bisa dibilang seri paling basic dari Flair Espresso Maker. Alat yang compact dan penggunaannya untuk membuat espresso di rumah.


Kelebihan Flair Neo adalah fungsi portafilter kontrol dari aliran  sehingga dapat menyederhanakan proses pembuatan espresso, sehingga kontrol dari aliran air yang melalui serbuk kopi terekstraksi secara tepat dan sempurna. Selain itu Flair Neo ini memiliki desain mono-chromatic yang sangat khas flair sekali


  • Harga Flair Neo Espresso Maker

Jika kita merujuk pada situs resmi dari Flair dihargai sekitar 125 USD. Untuk pasar di Indonesia, seller di marketplace banyak yang menjual disekitar 2,3 juta.


  • Referensi Toko Penjual Neo Espresso Maker

Link Tokopedia Otten Coffee DISINI



4. Flair Espresso Maker Pro 2

Alat Pembuat Espresso

Foto milik flairespresso.com

Rekomendasi Alat Espresso Manual selanjutnya adalah Flair Espresso Maker Pro 2. Seri ini merupakan upgrade dari Flair versi sebelumnya lebih presisi, lebih mudah penggunaannya dan untuk harga lebih mahal dari sebelumnya.


Keunggulan dari Flair Pro 2 ini adalah ekstraksi espresso semakin dioptimasi, sehingga hasil seduhan Teman Nyeduh akan lebih paripurna lagi. Rahasia dari hasil yang optimal tadi terdapat pada spout yg tidak ada pada seri flair sebelumnya. 


  • Harga Flair  Espresso Maker Pro 2

Jika kita merujuk pada situs resmi dari Flair dihargai sekitar 325 USD. Untuk pasar di Indonesia, penjuat di marketplace banyak yang menjual disekitar 5,7 juta.


  • Referensi Toko Penjual Neo Espresso Maker

Link Tokopedia Otten Coffee DISINI


5. Flair 58 

Alat Pembuat Espresso
Foto milik flairespresso.com


Rekomendasi berikutnya ini adalah alat impian saya karena secara desain sungguh cantik dan terlebih Flair 58 ini sudah menggunakan porta filter yang mirip dengan mesin espresso pada umumnya. Flair 58 ini sangat cocok untuk sebagai alat pembuat espresso di kedai kecil dengan konsep manual.


kelebihan dari Flair 58 ini yang saya sebutkan tadi diawal adalah telah menggunaan portafilter standar industri kopi yaitu berdiameter 58mm. Memiliki sistem kelola suhu yang baik sebagai perangkat ekstraksi. Adanya preheat controller thermal management sehingga flair ketika digunakan sudah hangat dan tidak ada penurunan suhu. Selain itu semua tetap saya pribadi sangat menyukai desain Flair 58 ini.

  • Harga Flair 58

Jika kita merujuk pada situs resmi dari Flair dihargai sekitar 575-591 USD. Untuk pasar di Indonesia, penjuat di marketplace banyak yang menjual disekitar 9,5 juta.


  • Referensi Toko Penjual Neo Espresso Maker

Link Tokopedia Otten Coffee DISINI



6. Rok Presso


Alat Pembuat Espresso

Foto Milik rok.coffee


Rekomendasi alat espresso manual yang ke enam adalah alat andalan sejuta umat. Karena sangat banyak kedai kopi yang menggunakan Rok presso sebagai alat utama untuk menyeduh espresso kepada pelanggan. 


Kelebihan dari Rok Presso ini adalah body terbuat dari metal yang membuat Rok Presso ini sangat kokoh dan tahan banting. Beberapa teman yang memiliki Coffee Shop memilih Rok Presso salah satu alasannya adalah keawetannya. Ada yang menggunakan alat ini lebih dari 5 tahun untuk berjualan dan masih aman digunakan


  • Harga Rok Presso 

Jika kita merujuk pada situs resmi dari Flair dihargai sekitar 229 USD. Untuk pasar di Indonesia, penjuat di marketplace banyak yang menjual disekitar 3,2 juta.


  • Referensi Toko Penjual Rok Presso

Link Penjual di Tokopedia  DISINI



7. Lovpresso


Alat Pembuat Espresso

Foto milik Dicasa Studio


Alat Espresso Manual selanjutnya adalah alat karya anak bangsa. Lovpresso buatan Dicasa Studio Surabaya ini sudah mulai masuk perhitungan dalam kancang alat espresso manual di Indonesia. Espresso yang di hasilkan juga sudah cukup presisi. Saya sendiri juga pernah melihat beberapa kedai kopi mempercayakan urusan Espressonya pada alat ini.


Kelebihan dari Lovpresso ini adalah sudah menggunakan portafilter 58mm, Manometer dan memiliki tekanan espresso sesuai standar Internasional. Hal ini bisa menjadi pertimbangan dan referensi tambahan untuk Teman Nyeduh memilih alat espresso manual seperti apa yang akan dibutuhkan.


  • Harga Lovpresso

Jika kita merujuk pada situs resmi dari Flair dihargai sekitar 229 USD. Untuk pasar di Indonesia, penjuat di marketplace banyak yang menjual disekitar 3,2 juta.


  • Referensi Toko Penjual Lovpresso

Link Dicasa Studio di Tokopedia  DISINI



8. Baby Lovpresso


Alat Pembuat Espresso

Foto milik Dicasa Studio


Rekomendasi Alat Espresso Manual selanjutnya adalah Baby Lovpresso. Alat ini merupakan seri lite atau ringkasnya dari Lovpresso. Jika Lovpresso yang sebelumnya lumayan memiliki body yang cukup besar, Baby Lovpresso ini memiliki desain sedikit ramping sehingga lebih ekonomis.


Untuk alatnya kurang lebih sama dengan Lovpresso, tetap buatan Dicasa Studio dari Surabaya. Hal yang mencolok pada Baby Lovpresso ini adalah desain dan bodynya lebih compact. Alat ini juga lumayan jadi pilihan Coffee Shop di beberapa tempat.


  • Harga Baby Lovpresso

Jika kita merujuk pada laman milik Dicasa Studio, harga Baby Lovpresso ini berada di kisaran 3,9 Juta. Untuk pemesanan bisa melalui tokopedia milik mereka dengan Preorder 45 Hari dengan berat sekitar 15 Kg pengiriman.


  • Referensi Toko Penjual Baby Lovpresso

Link Dicasa Studio di Tokopedia  DISINI



9. Manusso Home

Alat Pembuat Espresso Manual

Foto milik Dicasa Studio

Rekomendasi Alat Espresso Manual ke sembilan adalah Manusso Home yang masih satu pabrikan dengan Lovpresso sama-sama dibuat oleh Dicasa Studio. Manuso Home sendiri Alat Espresso Manual yang di desain sebagai pemenuh kebutuhan untuk para penyeduh rumahan.


Desain yang sangat compact dan mudah dibersihkan sangat cocok sekali untuk home brewer yang suka mengulik espresso. Meski untuk rumahan, Manusso Home ini sudah dilengkapi portafilter 58mm dan sangat praktis untuk membuat beberapa espresso sekaligus.


  • Harga Manusso Home

Jika kita merujuk pada laman milik Dicasa Studio, harga Manusso home ini berada di kisaran 2,7 Juta. Untuk pemesanan bisa melalui tokopedia Dicasa Studio dengan Preorder 30 Hari.


  • Referensi Toko Penjual Manusso Home

Link Dicasa Studio di Tokopedia  DISINI



10. Manusso STD


Alat Espresso Manual

Foto milik Dicasa Studio

Rekomendasi selanjutnya adalah seri menengah dari Manusso yaitu Manusso STD. Saya cukup tertarik dengan inovasi yang dilakukan pada seri Manusso, jika tidak salah Manusso beberapa tahun yang lalu sangatlah besar dan tidak compact akan tetapi beberapa saat terakhir ini Dicasa Studio selalu memberikan pembaharuan dan inovasi terhadap produk-produknya.


Manusso STD ini diperuntukan untuk home brewer atau kedai kopi dengan konsep manual. Kelengkapan Manusso STD ini antara lain sudah menggunakan Porta Filter 58 mm yang digunakan untuk komersil kemudian adanya teknologi portashower 58mm, adanya manometer dan sudah dilengkapi Tamper.


  • Harga Manusso STD

Jika kita merujuk pada laman milik Dicasa Studio, harga Manusso STD ini berada di kisaran 3,2 Juta. Untuk pemesanan bisa melalui tokopedia Dicasa Studio dengan Preorder 30 Hari.


  • Referensi Toko Penjual Manusso STD

Link Dicasa Studio di Tokopedia  DISINI



11. Manusso Pro 


Alat Espresso Manual

Foto milik Dicasa Studio


Alat Espresso Manual selanjutnya adalah versi paling atas dari Manusso yaitu Manusso Pro. Dalam seri Pro ini terdapat 2 macam yaitu seri Manusso Pro C dan Manusso Pro S untuk kelengkapan alatnya hampir sama tetapi untuk Manusso Pro S memiliki alas yang lebih lebar sehingga akan membuat lebih stabil saat pembuatan Espresso.


  • Harga Manusso Pro

Jika kita merujuk pada laman milik Dicasa Studio, harga Manusso Pro C berada di kisaran 4 Juta sedangkan untuk Manusso Pro S berada di kisaran 4,5 Juta. Untuk pemesanan bisa melalui tokopedia Dicasa Studio dengan Preorder 30 Hari.


  • Referensi Toko Penjual Manusso Pro

Link Dicasa Studio di Tokopedia  DISINI


12. Aeropress Go


Alat Pembuat Espresso

Foto milik aeropress.com

Alat Pembuat Espresso Manual selanjutnya adalah Aeropress GO. Meski tidak spesifik untuk membuat espresso tapi saya pribadi terkadang menggunakan alat ini untuk membuat espresso. Memang terkadang membutuhkan ratio yang pas antara kopi dengan air sehingga menghasilkan kopi yang mirip dengan Espresso pada umumnya.


Mengapa nyeduhtiaphari merekomendasikan Aeropress GO daripada Aeropress yang versi awal yaitu karena versi Go lebih ringkas dan enak dibawa untuk traveling atau bepergian, teman seduh hanya tinggal bawa satu paket Aropress Go ini tanpa harus bawa bawa gelas dan lain sebagainya. Selain dapat membuat espresso, Aeropress Go ini bisa juga membuat kopi seperti rasa kopi filter dengan hanya bermain ratio saja

Di bawah nanti saya akan memberikan referensi penjual Aeropress Go yang Ori dari amerika saja, karena ketika membuka marketplace akan banyak sekali tiruannya.


  • Harga Aeropress Go

Jika kita merujuk pada website milik aeropress.com untuk harga Aeropress Go ini berada di 39.95 USD. Untuk pasar Indonesia sendiri Aeropress Go ini sendiri di bandrol pada harga 595 ribu.


  • Referensi Toko Penjual Aeropress Go

Link Penjual di Tokopedia  DISINI



13. French Press 


Alat Espresso Manual

Foto Milik Waterground


Untuk rekomendasi terakhir Alat Espresso Manual adalah French Press. Kenapa alat ini masuk dalam rekomendasi, karena bisa saya bilang alat yang paling serba bisa dan murah. Meski saya mengakui rasa yang dihasilkan akan sedikit jauh dengan espresso pada umumnya. Tetapi, alat ini sungguh sangat berguna jika teman nyeduh butuh membuat cappucino tinggal pakai saja untuk membuat kopinya kemudian gunakan french press untuk steam susunya dan jadilah kopi susu dengan satu alat saja.


Untuk merk French Press saya sendiri juga bingung akan merekomendasikan yang mana tapi saya coba referensikan French Press yang saya punya dan yang terpenting murah sekali hehe.


  • Harga French Press

Jika kita merujuk pada beberapa penjual di marketplace untuk harga French Press ini berada di kisaran 50 ribuan hingga ratusan ribu, tetapi untuk yang saya pakai setiap hari hanya di sekitar 86 ribu saja. Murah banget kan.


  • Referensi Toko Penjual French Press

Link Penjual di Tokopedia  DISINI


Mungkin sekian artikel Rekomendasi nyeduhtiaphari utnuk alat espresso manual, semoga dapat membantu Teman Nyeduh sekalian dalam memilih alat espresso yang cocok dengan selera, baik itu digunakan untuk kedai kopi atau untuk nyeduh di rumah sendiri.


Terima Kasih


Jimm


Load comments