Apa Itu Barista ? Kenali Profesi ini dan Jenjang Karirnya

Apa Itu Barista ? Kenali Profesi ini dan Jenjang Karirnya


Apa Itu Barista

Apa itu Barista ? - Barista adalah Pekerjaan yang sedang naik daun saat ini, hal tersebut berbanding lurus dengan makin banyaknya Coffee Shop yang hadir di tengah-tengah kita serta minat masyarakat yang semakin butuh akan asupan kopi, menjadikan pekerjaan Barista ini menjadi trend dikalangan anak muda masa kini.


Budaya meminum kopi di kedai kopi atau coffee shop menjadi pelecut kepopuleran profesi barista ini. Pandangan umum soal pekerjaan barista ini identik dengan jiwa muda, keren dan menyenangkan. Jadi tidak salah jika sekarang banyak yang berminat menjadi barista.


Di Indonesia profesi Barista ini masih terkadan dipandang sebelah mata dari segi pendapatan, karena terkadang tidak semua coffee shop mampu membayar para baristanya sesuai dengan upah yang ditentukan, akan tetapi sebenarnya sebagai barista ada jenjang karir yang bisa dijalani hingga berpenghasilan puluhan juta. 


Apa yang dimaksud dengan barista, bisa dibilang hingga dewasa ini, banyak di masyarakat kita yang masih bingung membedakan antara Bartender dengan Barista. Jika kita memandang secara sekilas bisa dibilang serupa, akan tetapi kedua profesi tersebut memilik perbedaan yang cukup signifikan, maka dari itu silahkan simak artikel ini untuk mengetahui Apa itu Barista yang sebenarnya.


Pengertian Barista

Barista adalah
Photo by Brooke Cagle

Barista adalah sebutan untuk seseorang laki-laki atau perempuan yang secara umum berkegiatan membuat kopi untuk disajikan kepada pembeli yang memesan kopi di coffee shop mereka. Pengertiaan barista tersebut sudah kami sederhanakan sehingga teman nyeduh paham sebenarnya Barista itu apa. Jika menilik berdasarkan bahasa, kata "barista" itu sendiri merupakan bahasa Italia yang memiliki arti seorang pelayan di bar. 


Barista sendiri di Indonesia merupakan profesi yang tidak memandang gander, kita bisa melihat bahwa banyak coffee shop di Indonesia yang memperkerjakan Pria maupun wanita sebagai seorang barista baik itu sebagai junior barista atau sudah sekelas head bar.


Tugas Barista

Tugas Barista
Photo by Joshua Rodriguez

Secara simpelnya tugas Barista itu adalah membuat kopi kepada pelanggan di coffee shop-nya. Akan tetapi sebagai seorang barista harus memiliki skil yang cukup mumpuni dalam meracik kopi itu sendiri, karena mau tidak mau Barista merupakan garda terdepan dalam penjualan kopi di kedai mereka.

Tidak hanya membuat espresso saja, barista utamanya di Indonesia wajib dan harus bisa menyajikan semua menu yang ada di coffee shop mereka. Mulai dari Cappuccino, Latte, Kopi Filter dengan manual brewing hingga menu-menu non coffee juga wajib di kuasai.

Tugas Barista sebelum memulai hari di coffee shop, mereka biasanya melakukan kalibrasi terhadap kopi yag akan dipakai di hari itu, mengkalibrasi mesin kopi agar flow pekerjaan cepat dan tidak terhambat.

Tugas Barista utamanya di coffee shop di Indonesia biasanya merangkap beberapa pekerjaan, selain mengerjakan pesanan pelanggan, barista terkadang dituntut memiliki komunikasi yang baik kepada pelanggan, memberi tau dan menjelaskan minuman apa yang dipesan kepada pelanggan dan sebagai sarana edukasi pelanggan yang penasaran tentang kopi itu seperti apa.

Dalam profesi barista ini sangat dituntut baik dalam hospitality kepada pelanggan, karena yang menjadikan salah satu daya tarik pelanggan kembali lagi ke coffee shop kita adalah pelayanan yang prima dari sang Barista. Jadi tidak hanya harus jago dalam membuat kopi, tetapi seorang barista wajib berkepribadian yang baik pula.

Kenapa kami sampaikan seperti itu, jika kita melakukan banchmarking ke kedai kopi atau coffee shop kenamaan di Indonesia sudah jadi hal yang wajib seorang barista memiliki kemampuan yang baik dalam menyeduh kopi dan memiliki kemampuan hospitality yang baik pula kepada pelanggannya. Hal tersebut pula yang menyebabkan seorang barista dapat digaji cukup tinggi dengan kemampuan tersebut.

Sisi Lain dari Pekerjaan Barista

Apa Itu Barista
Photo by Choi sungwoo

Pengamatan kami selama ini ketika berkunjung ke coffee shop, seorang barista ini dituntut super multitasking, apalagi jika coffee shop tersebut hanya menjadwalkan shift baristanya satu orang saja, pasti kita akan melihat barsta tersebut jadi super sibuk apalagi saat-saat ramai pengunjung.

Untuk barista yang kami sampaikan di atas, biasanya selain membuat kopi, harus bisa jadi kasir untuk mencatat pesanan pelanggan dan pembayaran. Selain itu terkadang juga sebagai pelayanan yang harus mengantarkan pesanan ke meja pelanggan secara langsung. Jika pelanggan sudah selesai, barista tersebut terkadang juga yang membereskan meja pelanggan tersebut.

Menurut kami, menjadi barista harus benar-benar memiliki kemauan yang tinggi dan kondisi fisik yang prima, karena tidak jarang kita harus berdiri berjam-jam saat shift untuk membuatkan pesanan pelanggan yang datang.

Jenjang Karir Barista

Apa itu barista
Photo by Brooke Cagle

Sebetulnya tidak ada jenjang karir yang spesifik dari Profesi Barista beberapa tahun yang lalu, akan tetapi makin banyaknya coffee shop kenamaan yang cukup besar, makin banyaknya barista yang tersertifikasi baik SCAI atau SCA hingga berdampak pada pendapatan seorang barista bisa berada diatas rata-rata.

Secara jenjang karir sebetulanya hampir mirip seperti di perusahaan yang memulai dari staf kemudian jadi manager area dan seterusnya. Sebagai barista biasanya untuk yang masih baru dan belum berpengalaman biasanya disebut junior barista yang tugasnya ikut sesuai SOP yang disediakan oleh coffee shop tempat mereka bekerja.

Jika memang coffee shop tersebut terdapat senior barista dan jika memiliki banyak cabang bisa jadi ada head barista yang membawahi banyak cabang coffee shop mereka. Akan tetapi yang sering kami temui di lapangan biasanya tujuan dari seorang barista ini bercita-cita memiliki kedai kopi sendiri sehingga dia bisa menjadi bos atas bisnisnya.

Sertifikasi Barista

Barista Adalah
Photo by Di Bella Coffee

Sertifikasi barista ini sekarang sangat diperlukan bagi teman nyeduh yang berencana menjadi seorang barista yang profesional, selain menambah skill, memiliki sertifikasi barista apalagi yang sudah berada ditahap advance itu akan membuat nilai jual seorang barista menjadi lebih tinggi lagi.

Sertifikasi barista ini dapat teman nyeduh dapatkan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan Barista, jika dulu hanya ada beberapa tempat pelatihan Barista seperti ABCD Coffee Lab atau 5758, untuk sekarang ini semakin banyak tempat kursus yang memudahkan seorang barista mengupgrade skill dan kemampuan mereka.

Kenapa memiliki sertifikasi itu penting sebagai seorang barista ?  karena untuk informasi saja terdapat beberapa coffee shop utamanya coffee shop yang sudah besar selalu  menysaratkan telah memiliki sertifikat barista sebelum melamar pekerjaan di sana.

Jadi segeralah mencari sertifikasi barista untuk menambah nilai jual dalam industri ini.

Kompetisi Barista

Apa yang dimaksud dengan barista
Photo by Delightin Dee


Masih menjadi sambungan dengan jenjang karir barista, mengikuti Kompetisi kopi ini juga salah satu hal yang bisa menaikkan nilai teman nyeduh sebagai barista dan diakui kemampuannya. Bisa dibilang, kompetisi barista ini adalah ajang pembuktian tidak hanya diri sendiri sebagai barista akan tetapi juga untuk coffee shop tempat dia bekerja.

Dampak dari kompetisi ini sungguh sangatlah besar hari ini, apalagi jika seorang barista dapat memenangkan kejuaraan tingkat nasional atau bahkan dunia sudah pasti namanya akan sangat dikenal di kalangan luas dan hal tersebut berdampak pada karir si barista tersebut yang akan lebih cemerlang. 

Salah satu contohnya adalah Mikael Jasin yang telah mewakili Indonesia dalam kompetisi dunia di Boston dan Milan. Dengan dia menjadi juara di kompetisi nasional saja sudah berdampak kepada pribadi dan perusahaan yang dia bawa apalagi di kompetisi dunia, sudah pasti akan sangat berdampak sekali karena relasi makin terbuka lebar.

Salah satu kunci dari Profesi Barista ini adalah kemauan yang kuat untuk selalu upgrade diri dan tidak cepat merasa puas dengan kemampuan yang di miliki.

Mungkin sekian artiker nyeduhtiaphari tentang apa itu barista, semoga bermanfaat dan jika ada masukan dari teman nyeduh dapat disampaikan kepada kami melalui instagram kami di @nyeduhtiaphari.

Terima Kasih


Load comments