Review Suji Agniraga, Alat Roasting Manual

Review Suji Agniraga, Alat Roasting Manual

 

Suji Agniraga

Suji Agniraga - Salah satu alat roasting manual yang bisa teman nyeduh gunakan untuk belajar meroasting kopi sendiri di rumah tanpa perlu membeli mesin roasting yang di pasaran masih cukup mahal. Saya sendiri menggunakan Suji Agniraga ini untuk mengulik green bean yang menurut saya menarik untuk dicoba dan terlebih lagi meroasting kopi sendiri lumayan menghemat budget pengeluaran bulanan untuk membeli kopi roast bean.


Saya sudah cukup lama menimbang nimbang untuk membeli Suji Agniraga ini, selain harganya terbilang paling miring di banding alat yang lain, salah satu pertimbangan saya akhirnya membeli ini adalah karena Suji Agniraga ini membuat kopi tidak terkena api langsung sehingga kemungkinan gosong lebih sedikit. Meskipun percobaan saya yang pertama akhirnya terlalu dark dan jadi stok bean untuk espresso di rumah.


Suji Agniraga


Selain memang harganya cukup terjangkau, alasan saya membeli Suji Agniraga ini karena memang desainnya yang menarik, terbukti desain dari alat ini mendapat penghargaan dalam kategori Good Desain pada IGDS (Indonesian Good Desain Selectioan) pada tahun 2020. Menurut beberapa artikel, Suji Agniraga ini lumayan terkenal di beberapa negara asia bahkan hingga ke Jepang,  


Spesifikasi Suji Agniraga

Secara spesifikasi Suji Agniraga ini berbahan Kaca Borosikilat yang ketika saya pegang bahkan tanpa sarung tangan tidaklah terlalu panas. Saran sekali roasting, alat ini disarankan hanya untuk meroasting kopi sebanyak 60 gram Green Bean saja, tetapi beberapa kali saya coba untuk meroasting lebih dari itu masih bisa, tetapi perlu disesuaikan juga besaran green bean yang teman nyeduh roasting.


Uji Coba Roasting 

Suji Agniraga

Pada kali ini saya coba meroasting biji kopi dari Wanoja dengan proese Full Wased, terlihat pada foto di atas secara green bean ukuran dari wanoja ini cukup kecil sehingga saya coba lebih dari 60 gram masih cukup di Suji Agniraga.


Saya mencoba meroasting dan memiliki target untuk mendapatkan profil light to medium karena tujuan dari meroasting kopi ini untuk saya minum dengan metode pour over dengan v60. Sebenarnya saya sudah beberapa kali mencoba meroasting kopi ini dengan profile medium dan rasa yang dihasilkan cukup menarik meski dengan alat sederhana.


BACA JUGA : 13 Alat Espresso Manual, Untuk Kedai Kopi Atau Rumahan

 

Step pertama saat saay saya meroasting, biasanya saya panaskan dulu Suji Agniraga ini selama 1-2 menit diatas kompor dengan api kecil, dengan asumsi saya samakan dengan meroasting menggunakan alat Roasting sesungguhnya. Selanjutnya baru saya masukkan green bean ke Suji Agniraga ini.


Tahapan Kedua, Putar perlahan diatas api, hingga first crack mulai terdengar, biasanya saya memperoleh momen first crack di menit 8-9 saat meroasting dengan Suji Agniraga ini. Untuk api, biasanya saya menggunakan api sedang biar tidak terlalu cepat gosong.


Tahapan Ketiga, Keluarkan kopi dari Suji Agniraga ini ke wadah kemudian teman nyeduh bisa dinginkan menggunakan kipas atau dibiarkan hingga dingin sebelum disimpan. Untuk hasil roasting Wanoja Full Wash saya bisa dilihat di foto di bawah 



Suji Agniraga


Mungkin secara hasil masih sedikit belum seragam hasil roastingnya, tetapi masih layak untuk diseduh dan saya masih cukup puas dengan hasil roastingan saya beberapa kali ini menggunakan Suji Agniraga ini.


Kelemahan Suji Agniraga

Suji Agniraga


Selain lumayan pegel kalau kita roasting 3 batch sekaligus, untuk tangan saya yang cukup lebar gagang dari Suji Agniraga ini lumayan pendek sehingga terkadang terasa panas karena terkena paparan dari api saat meroasting, selain itu sebetulnya tidak ada masalah berarti saat penggunaannya.


Harga Suji Agniraga

Saya membeli Suji Agniraga ini melalui marketplace Tokopedia, karena alat ini sudah masuk wishlist saya entah sejak kapan dan baru saja terealisasi saat ini. Untuk harga Suji Agniraga ini di bandrol dengan harga Rp 420.000. Untuk link pembelian, saya kemarin membeli di toko Suji Cabang Surabaya karena di mereka yang ready stok, untuk linknya bisa di cek di bawah ini 


Link Pembelian Suji Agniraga ==>  DISINI


Mungkin Sekian dari saya, semoga artikel review Suji Agniraga ini bermanfaat untuk teman nyeduh semuanya, akhir kata saya ucapkan


Terima Kasih


Ir


Load comments