Brewer Coffee, Penyeduh Kopi Manual

Brewer Coffee, Penyeduh Kopi Manual


Brewer Coffee


Brewer Coffee
-  Adalah sebutan untuk seseorang yang lebih sering menyeduh kopi dengan metode manual. Berbeda dengan Barista yang memiliki kesan sebagai penyeduh kopi dengan menggunakan mesin yang canggih dan terlatih, Brewer nampak seperti orang yang menyukai proses dan menikmati setiap step-step dalam menyeduh kopi.


Tidak dapat dipungkiri, para Brewer ini lahir atau berkembang cukup pesat di dunia perkopian dikarenakan adanya alat-alat yang mendukung mereka dalam penyeduhan, bisa dibilang alat seperti Hario V60  yang mucul di kisaran tahun 2011 turut serta membuat perkembangan Brewer ini.


Baca Juga : Apa itu Barista ?  Kenali Profesi dan Jenjang Karirnya

 

Para brewer ini lebih menyukai kopi yang berdiri sendiri akan tetapi tetap menghasilkan rasa yang kompleks, more acidty dan clean. Berbeda dengan membuat kopi espresso yang mengedepankan body yang cukup strong.


Meski terlihat mudah, menjadi Brewers tidak semudah seperti yang kita lihat, sama juga seperti barista yang harus paham alat, jenis kopi, suhu dan ratio. Sebagai Brewers kompetensi tersebut juga harus dimiliki, akan tetapi, karena metode ini menggunakan metode manual jadi seorang Brewers juga dituntut untuk konsisten dalam setiap penyeduhan agar satu kopi dengn kopi yang disajikan tidaklah berbeda jauh rasanya.


Brewer Coffee
Photo by Rizky Subagja


Brewers Identik dengan slow living

Slow Living sendiri seperti seni menikmati hidup dengan santai dan tidak terburu-buru, hal ini menjadi identik terhadap seorang Brewers karena memang mereka melakukan penyeduhan dengan manual. Dimulai dari menggiling kopi, memastika suhu air yang presisi, menuangkan air ke kopi melalui dripper dan menikmati suasana sekitar sambil menyeruput segelas kopi. Hal ini semakin diamini dengan makin banyaknya orang-orang di media sosial membagian foto atau video sebagai Brewer sambil menikmati suasana yang damai.


Home Brewer Semakin Marak


Brewer Coffee
Foto milik Michael Burrows


Mungkin bisa dibilang kami salah satu dari sekian banyak home brewers yang ada di Indonesia, berawal dari kesukaan ngopi di kedai kopi, lama kelamaan mengkoleksi alat-alat sendiri sampai akhirnya lebih banyak menyeduh di rumah sendiri. Mengapa home brewer semakin marak dan menarik yaitu karena kemudahan akses alat kopi dan kopi-kopi yang menarik di pasaran membuat orang-orang seperti saya ini semakin betah untuk ngulik dirumah sendiri


Alat-alat Seorang Brewers Coffee

Untuk alat-alat Seorang brewers sebtulnya tergantung kebutuhan, jika teman nyeduh masih pemula dalam soal menyeduh bisa menggunakan alat alat yang tidak usah terlalu mahal akah tetapi lebih mengedepankan fungsi dari alat tersebut. Saya coba share alat-alat kopi yang pertama kali saya punya saat di awal 2017 belajar menyeduh kopi : 

Brewer Coffee
Foto milik Photo by interwebly io from Pexels


1. Manual Grinder

Saya ingat pada tahun 2017 itu masih sedikiti sekali pilihan alat kopi yang hadir di pasar Indonesia, tidak seperti sekarang yang sudah banyak sekali pilihan Manual Grinder dengan harga terjangkau tetapi hasil gilingan yang dihasilkan sudah cukup konsisten.

Manual Grinder pertama saya beli adalah Latina Sumba, dengan burr plastik yang ketika digunakan untuk menggiling terlalu halus membutuhkan waktu cukup lama. Tetapi untuk sekarang saya bisa merekomendasikan Manual Grinder dengan merk seperti Timemore C2 sudah cukup sekali sebagai andalan teman nyeduh untuk giling kopi tiap hari.

2. Dripper Hario V60  Plastic


Untuk Dripper, hario V60 Plastik bisa jadi pilihan, selain harga yang terjangkau, alat ini bisa dibilang cukup konsisten dalam menghasilkan seduhan kopi dengan hasil yang enak. Meski terkadang di awal sedikit terasa sulit diawal untuk menghasilkan seduhan yang enak akan tetapi seiring berjalannya waktu teman nyeduh akan terbiasa.

3. Kettle Leher Angsa

Saya ingat pada tahun 2017 saya membeli satu kettle yang cukup kecil dan ringkas sehingga bisa di bawa ke mana-mana yaitu Kettle Latina Olive namanya. Tapi teman nyeduh sekarang mempunyai banyak sekali pilihan Kettle yang bisa dipilih kembali kepada kebutuhan si brewer sendiri.

Brewer Coffee
Photo by Dziana Hasanbekava

4. Scale Latina Newton 1

Saya menyebut secara spesifik timbangan kopi sejuta umat ini sebagai rekomendasi alat seduh untuk para brewers menimbang ratio kopinya. Karena meski bisa dibilang murah, tetapi hasilnya cukup konsisten, tidak sedikit kedai kopi yang menjadikan timbangan ini sebagai andalan.

5. Paper Filter

Alat untuk brewers yang terkahir adalah paper filter. Sebagai seorang penyeduh manual Paper Filter ini adalah kebutuhan utama. Semakin kesini brand Paper Filter juga makin beragam, hal ini juga perlu diperhatikan oleh para brewers karena satu brand dengan brand yang lain memiliki karakter yang berbeda sehingga beda paper filter saja bisa jadi membuat hasil seduhan kita berbeda.

Makin banyaknya yang memiliki keterampilan menjadi Brewers ini menyebabkan adanya kompetisi dunia yang mempertandingkan para brewers terbaik di seluruh dunia dan event ini diselengarakan tahunan berbarengan dengan kompetisi-kompetisi kopi yang lainnya.

Mungkin sekian dari nyeduhtiaphari.com megenai Brewer, semoga bermanfaat. Terima kasih
Load comments