Klinik Kopi, Merupakan Sebuah Kewajiban

Klinik Kopi, Merupakan Sebuah Kewajiban


Klinik Kopi Jogja

Klinik Kopi - merupakan kewajiban untuk dikunjungi bagi saya pribadi atau mungkin diantara teman nyeduh juga ketika berkunjung ke kota Yogyakarta. Selain kemahsyuran Klinik Kopi yang sudah harum di kancah nasional, saya rasa ada hal yang lebih "ngangeni" yaitu suasana di sana dan tentunya obrolan bersama mas Pepeng di bar seduhnya.


Sedikit cerita saya mengunjungi Klinik Kopi ini pada Maret 2021 kebetulan sedang cuti kerja karena ada keluarga yang menikah, tanpa pikir panjang saya langsung mengagendakan untuk "sowan" ke Klinik Kopi. Pagi itu saya bersama satu rekan berangkat dari kota Solo menggunakan kerta KRL yang pada saat itu masih baru beroperasi jadi sekalian saja untuk mencobanya juga.


Karena dengan menggunakan kereta, Solo-Jogja hanya ditempuh sekitar 50 menitan hingga stasiun Tugu. Kemudian kami melanjutkan menuju ke Klinik Kopi yang menjadi tujuan utama dan satu satunya kami berangkat ke Jogja. 


Sampai di sana sekitar pukul 09.30 kebetulan pada saat itu kami tidak terlalu lama mengantri karena kalau tidak salah ingat pada saat itu kami berkunjung pada hari selasa, jadi yang ke sana hanya orang yang butuh kopi saja.


Klinik Kopi Jogja

Klinik Kopi dan Dapur Tetangga

Saat saya mengunjungi Klinik Kopi, meja seduh mereka masih bergabung dengan Dapur Tetangga di rumah sebelah tempat seduh utama. Hal ini dilakukan Klinik Kopi untuk saling menjaga jarak karena pada saat itu masih pandemi masih cukup tinggi dan peraturan belum selonggar saat artikel ini ditulis.


Meski berjarak esensi berkunjung ke Klinik Kopi tetap terasa, obrolan hangat yang tidak hanya soal kopi yang membuat saya betah, bahkan hingga nambah kopi biar bisa menambah durasi ngobrol dengan mas pepeng.


Kala itu saya memilih memesan Kopi Yellow Caturra dan Malino es untuk diminum di sana. Saya masih merasa kagum, bisa menghasilkan seduhan yang sungguh nikmat tanpa harus menggunakan timbangan, ukuran suhu yang presisi dan lain sebagainya. Mungkin karena mas Pepeng sudah sangat hafal dengan kopi-kopinya dan mungkin juga sudah biasa karena sudah menyeduh bertahun-tahun lamanya.


Klinik Kopi Jogja

Klinik Kopi Jogja

Harga di Klinik Kopi

Secara harga Klinik Kopi masih di taraf terjangkau, pada saat itu satu gelas kopi Rp25.000 saja. Untuk saya yang dari Solo ke Jogja cuman mau ngopi di sini ya sudah saya siapkan budget khusus. Bahkan saya habis 2 cup kopi ditambah membawa pulang Biji Kopi Yellow Cattura untuk diseduh sendiri di rumah.


Lokasi Klinik Kopi

Untuk Lokasi Klinik Kopi ini cukup mudah ditemui, meski berada di dalam gang tapi "ancer-ancernya" cukup jelas yaitu dekat dengan Gardu PLN di Jalan Kaliurang Km 7. Untuk nama gangnya gang Bima. Atau jika tidak mau ribet kalian bisa mengikuti peta di bawah ini untuk menuju ke Klinik Kopi.



Sebenarnya, saya ada dokumentasi video yang cukup lengkap untuk menggambarkan perjalanan dari Solo cuman untuk ke Klinik Kopi kemudian kembali lagi ke Solo lagi. Tapi belum sempat untuk mengeditnya,  jika sudah selesai mungkin akan saya update di tulisan ini.


Kurang lebih begitu cerita saya saat mengunjungi Klinik Kopi yang ternyata sudah satu tahun yang lalu. Semoga bermanfaat untuk teman nyeduh sekalian, Terima Kasih


Jimm





Load comments